Supaya Kulit Pai Renyah

Membuat kulit pai memang susah-susah gampang. Walaupun bahan yang digunakan sederhana dan cara pembuatannya mudah, tetapi seringkali kulit yang Anda buat tidak serenyah seperti yang Anda harapkan. Agar sukses membuat kulit pai, ikuti langkah pembuatannya berikut ini:
 
1.  Tahap pemilihan bahan: Gunakan bahan yang terdiri atas terigu Segitiga Biru, mentega, cairan (air es atau susu), dan kuning telur.
 
2.  Pembuatan: Campur tepung dengan mentega, dengan menggunakan pengaduk pai, atau menggunakan 2 pisau. Potong-potong campuran tepung dengan mentega sampai berbutir seperti adonan pasir. Masukkan cairan dan telur, uleni dengan ujung jari sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk. Simpan dalam lemari es, agar adonan lebih menyatu.
 
3.  Tahap pencetakan: Tipiskan adonan di atas permukaan datar yang telah ditaburi dengan tepung terigu agar adonan tidak lengket. Juga gunakan gilingan kayu yang sudah ditaburi tepung. Pindahkan adonan yang sudah digiling ke dalam cetakan pai yang telah diolesi dengan margarin. Tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu agar kulit pai tidak mengembang waktu dipanggang.
 
4. Tahap pemanggangan: Isi kulit pai dengan adonan isi, kemudian panggang sampai adonan renyah dan isi pai matang.


Ilustrasi foto: cookingwithlibby.com